Minggu, 30 September 2012

Manfaat Berlatih Yoga bagi Kehamilan

Yoga adalah sebuah ilmu yang menjelaskan kaitan antara fisik, mental, dan spiritual manusia untuk mencapai kesehatan yang menyeluruh.

Yoga berasal dari bahasa sansekerta yang berarti union (persatuan). Terbentuk dari kebudayaan India kuno sejak 5000 tahun lalu dab bertujuan menyatukan atman (diri) dengan brahman (pencipta).

Penyatuan diri akan membawa seseorang menuju penyatuan dengan ilahi; dan semakin seseorang mengenal dirinya, semakin ia mengenal sang Penciptanya.

Pada masa kehamilan, perubahan-perubahan fisik yang terjadi akan mempengaruhi sang calon ibu dan membuatnya merasa tidak nyaman, baik secara fisik maupun psikis. Perut yang terus membesar, sesak nafas seiring dengan pertumbuhan janin, mood yang tidak menentu, mengidam, dan kecemasan akan masa persalinan sering membuat seorang calon ibu merasa tidak percaya diri dan tidak nyaman.

Berlatih yoga pada masa ini merupakan salah satu solusi yang bermanfaat sebagai media self help yang akan mengurangi ketidaknyamanan selama masa hamil, membantu proses persalinan, dan bahkan mempersiapkan mental untuk masa-masa awal setelah melahirkan dan saat membesarkan anak.

Berikut adalah manfaat berlatih yoga bagi kehamilan:


  • Meningkatkan kekuatan dan stamina tubuh saat hamil
  • Melancarkan sirkulasi darah dan asupan oksigen ke janin
  • Mengatasi sakit punggung dan pinggang, skiatika konstipasi (sembelit), saluran urine yang lemah, pegal-pegal dan bengkak sendi.
  • Melatih otot perineum (otot dasar panggul) yang berfungsi sebagai otot kelahiran; membuatnya lebih kuat dan elastis sehingga mempermudah proses kelahiran.
  • Mengurangi kecemasan dan mempersiapkan mental sang ibu untuk menghadapi persalinan
  • Mempermudah proses kelahiran. Yoga mengajarkan teknik-teknik penguasaan tubuh dan menekankan bahwa otot yang tegang tak akan membantu saat persalinan. Saat tubuh tegang, pikiran akan tegang dan Anda akan cenderung menahan nafas. Dengan berlatih yoga untuk kehamilan secara teratur, anda akan mampu mengenali munculnya setiap ketegangan tersebut dan menjaga agar suasana pikiran tetap relaks, menjaga napas tetap dalam, yang pada akhirnya membuat otot tubuh juga lemas dan relaks sehingga mempermudah proses kelahiran.
  • Menjalin komunikasi antara ibu dan anak sejak masih berada dalam kandungan
  • Mempercepat pemulihan fisik dan mengatasi depresi pascamelahirkan.

Sumber: Yoga Untuk kehamilan by Pujiastuti Sindhu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar