Kamis, 12 April 2012

Vitamin B2 (Riboflavin)


Vitamin B2 berfungsi sebagai koenzim yang membantu enzim untuk menghasilkan energi dari nutrisi penting untuk tubuh manusia.

Vitamin B2 berperan pada tahap akhir dari metabolisme energi nutrisi tersebut. Anak-anak dan wanita hamil membutuhkan tambahan vitamin B2 karena vitamin ini penting untuk pertumbuhan.

Selain itu, vitamin B2 dianggap mampu mencegah migrain karena dipresumsikan bahwa vitamin B2 membantu mengurangi pelebaran atau dilatasi dari pembuluh darah yang menyebabkan migrain.

Susu dan produk-produk susu, misalnya keju, merupakan sumber yang baik untuk vitamin B2. Untuk itu ketersediaannya dalam makanan sehari-hari sangat penting. Hampir semua sayuran hijau dan biji-bijian mengandung vitamin B2; Brokoli, jamur dan bayam merupakan sumber yang baik.

Tidak ada penyakit yang berhubungan dengan kekurangan vitamin B2. Kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan gejala seperti iritasi, kulit merah dan keretakan kulit dekat dengan sudut mata dan bibir. Hal ini juga dapat menyebabkan kulit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, keretakan pada sudut mulut.

Suber : Majalah Info Obat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar