Senin, 09 April 2012

VITAMIN, Sehat atau Racun


Pernah dengar istilah vitamin?... Pasti pernah, bahkan kita sering mengkonsumsinya. Tahu apa gunanya vitamin?... Sebagian besar pasti tahu, yaitu untuk memelihara kesehatan tubuh. Tetapi bagaimana vitamin bisa menjadi racun?.
Vitamin merupakan senyawa penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membantu proses metabolisme. Vitamin tidak dapat diproduksi di dalam tubuh melainkan harus kita tambahkan dari luar melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari.
Fungsi khusus vitamin adalah sebagai kofaktor (elemen pembantu) untuk reaksi enzimatik. Selain itu, vitamin juga berperan dalam berbagai fungsi tubuh lainnya, termasuk regenerasi kulit, penglihatan, sistem susunan syaraf dan sistem kekebalan tubuh, dan pembekuan darah.

Ada beberapa macam vitamin
  1. vitamin larut dalam lemak, yaitu vitamin A, Vitamin D, Vitamin E, dan Vitamin K.
  2. vitamin yang larut dalam air, yaitu vitamin B dan vitamin C.
Vitamin ditemukan dalam berbagai jenis makanan, buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, daging, ikan, dan produk susu. kadar vitamin dalam makanan tersebut tergantung dari jenis makanan itu sendiri termasuk penyimpanan dan pengolahannya. penyimpanan dan pengolahan yang lama akan mengurangi kadar vitamin di dalam makanan.
Vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E, dan K, apabila di konsumsi berlebih, maka kelebihannya akan disimpan dalam lemak tubuh, yang pada akhirnya akan terakumulasi dan berbahaya untuk tubuh kita. Alih-alih semakin sehat, kondisi tubuh kita malah semakin memburuk karena vitamin yang kita minum malah menjadi racun.
Sedangkan vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan C memiliki sifat kebalikannya. Konsumsi yang berlebihan, akan dikeluarkan (diekskresikan) lewat urin. Makanya, tidak ada untungnya mengkonsumsi vitamin B dan C secara berlebihan karena kelebihannya akan langsung dibuang.
Vitamin berguna bagi tubuh kita terutama untuk menjaga kesehatan, tetapi mengkonsumsinya secara berlebihan juga tidak ada gunanya, bahkan bisa menjadi racun bagi tubuh kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar